28.9.10

Gua Lowo: Antara Misteri dan Ketakjuban

Pintu depan Gua Lowo
Masih misteri. Itulah kesan pertama saat mengunjungi goa yang belum selesai pembangunannya ini. Goa Lowo yang merupakan goa terpanjang di Asia Tenggara terasa khas dengan panorama hutan jati yang segar. Rumah bagi ribuan kelelawar yang menampilkan sisi eksotisme kental, yang belum banyak terjamah oleh manusia.

Goa yang terletak di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek ini belum tereksplorasi secara menyeluruh. Panjangnya yang hampir 2 km belum dapat tercover pembangunan secara maksimal. baru sekitar 1600-an meter saja yang tereksplorasi, sisanya masih sangat alami, bahkan ada kemungkinan bertambah panjang lagi. Total ruang yang sudah diketemukan adalah 9 kompartemen, dimana 7 diantaranya sudah dibangun kavling jalan untuk akses pengunjung. Sungai bawah tanah terlihat sepanjang mulut goa hingga batas akhir kavling terakhir. Itupun masih belum terlihat di mana ujung alirannya saat kita susur hingga di kavling terakhir. Menjadikan goa ini sangat misterius. Debet air sungai bawah tanahnya yang cukup deras membuat kita berpikiran bahwa goa ini kemungkinan masih panjang lagi.

Stalagtit dan stalagmit dengan berbagai macam bentuk dan ukuran menghiasi dinding gua ini. Dengan kecepatan pembentukan rata-rata 1 cm per tahun, dapat dipastikan gua ini sudah berusia ribuan tahun. Hal yang menarik dan khas dari gua yang terletak tepat di bawah hutan jati ini adalah adanya sarang kelelawar di salah satu kompartemennya. Kelelawar yang dalam bahasa jawa disebut lowo ini menggantung di atap gua. Jumlahnya yang sangat banyak memberikan sensasi mengerikan sekaligus takjub. Satu hal yang tidak bisa dilupakan ketika melewati kompartemen ini adalah bau kotoran kelelawar yang cukup menyeruak dan menusuk. Sangat khas dan tidak bisa dilupakan. Nampak gundukan hitam seperti kolam pasir halus tepat di bawah lantai gua tempat kelelawar bersarang. Itu bukanlah pasir, tetapi gundukan kotoran kelelawar yang mengendap di lantai gua selama berratus, bahkan ribuan tahun! Mungkin terasa menjijikkan, tetapi ada rasa takjub melihat hal yang sangat jarang ini. Di mana lagi bisa melihat berkilo-kilo gundukan kotoran kelelawar kalau tidak di Gua Lowo? Belum tentu di gua-gua lain di tanah air ada gundukan kotoran sebanyak itu.

Sebagaimana cerita sejarah penemuan gua ini yang cukup unik dan nyeleneh, Gua Lowo memang menyajikan eksotisme yang lain daripada gua-gua lainnya di tanah air. Disamping misterinya yang masih belum terungkap. Jika Anda adalah pecinta panorama alam atau seorang pecinta gua sejati, Anda belum lengkap jika belum berkunjung ke gua ini.








simak pula informasi mengenai gua ini:

Powered by Blogger.

  © Blogger template 'Personal Blog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP