26.9.11

Mencuri Topeng Si Biru

Kopiku masih mengepul di cangkirnya. Aroma harumnya yang sedemikian rupa membuat nyaman berlama-lama duduk di depan leptop. Iseng-iseng siang ini browsing di techcrunch.com, ternyata nemu artikel bagus. “Hari ini perubahannya lumayan besar”, gumamku. Perubahan besar?


Ya. Mungkin banyak yang sudah merasakan perubahan live-news feed di sebelah kanan atas dari tampilan halaman facebook, tapi kalo perubahan seperti print-screen layout di atas belum semua orang tahu. Perubahannya terasa ‘besar’ hingga sepertinya asik jika dibagi. Untuk kesekian kalinya, Facebook mengubah tampilan profile penggunanya. Dan plan terakhir, tampilan profil yang bakal dipermak habis-habisan. Tampilan facebook praktis bakal dibuat menyerupai sebuah blog, lengkap dengan cover depannya. Tetapi bukan hari ini, bukan ketika tulisan ini dibuat. Jika tidak mengalami perubahan, rencana itu akan dirilis tanggal 3 Oktober 2011. Hanya saja, tampilan baru inibaru dapat digunakan oleh para developer saja. Hanya sesama developer yang bisa melihatnya. Tapi dengan beberapa langkah berikut, kita bisa dengan mudah mencicipi seperti apa tampilannya besok. Tentu tampilan ini, jika kita sudah menerapkan langkahnya, hanya dapat dilihat oleh kita sendiri, developer, dan sesama pengguna yang juga telah mengimplementasikan langkah-langkah ini. 

Ingin mencoba? Silakan ikuti langkah-langkah berikut: 
1. Ketik developer di kotak pencarian lalu klik hasil yang muncul (tentu aplikasi teratas) 


2. Klik tombol Allow ( bila kita baru pertamakali membuatnya) 

 
3. Create new app 

4. Isi dua kolom yang muncul dengan selera kita, terserah nama apapun boleh. Centang Term of Services nya, dan klik Continue 


5. Isi security check yang muncul setelahnya 

6. Kita akan masuk ke halaman Facebook developer, klik 'open graph' pada list menu sebelah kiri 


7. Masukkan jenis aktifitas di dua kolom tersebut 


8. Kita akan masuk ke halaman yang menyajikan 3 langkah pengaturan akun developer kita, langusng ke bagian bawah halaman saja, diklik "save changes and next" saja terus sampai ada tombol 'save and finish' 


9. Maka setelah itu halaman akan menyajikan tampilan developer kita yang telah tersetting. tak usah hiraukan dan langsung kita ketikkan di bar browser kita dari yang tertulis: https://developers.facebook.com/apps/bla-bla-bla/opengraphdsb, kita ganti menjadi http://www.facebook.com/NamaKitaTanpaSpasi?sk=timeline 


10. Jika sudah, klik saja tombol 'Get it now' 


11. Tadaa.. selesailah sudah. Kita sudah memiliki tampilan FB yang baru. 

Setelah itu kita bisa menikmati fitur-fitur baru tampilan profil kita. Mengapa dikatakan 'timeline' interface? Karena tampilan ini menyajikan tampilan profil bagaikan open book. Cerita, foto, video, yang kita posting semuanya tertampil secara memanjang ke bawah, sesuai waktu posting yang seakan-akan seperti sebuah buku cerita. 

Jujur, hematku perubahan tampilan facebook seperti ini jelas menuai kontroversi jika nantinya Oktober depan dirilis. Tidak sedikit yang bakal merasa pusing dan malah kebanyakan merasakan bingung. Tapi entahah. Itu sudah kehendak CEO facebook, Mark Zuckerberg. Demi monetasi facebook untuk menarik minat para investor dan pengembang, banyak hal diubah. Bukan itu saja, persaingan pangsa pasar yang makin sengit dengan layanan Google+ dirasa turut andil dalam metamorphosis facebook belakangan ini. Entahlah, dunia bisnis memang memusingkan. 

Lantas kita? ya sudah. Kita hanya pemakai. Ikuti saja perkembangannya. Jika bagus ya sukur, jika itu mengecewakan, ya mau apa lagi? Selama masih gratis sih lanjut saja. he he he.. Lets wait and see.. be a good audiences. Semoga bermanfaat.
tulisan ini juga telah dipublikasikan dalam shvoong.com

Powered by Blogger.

  © Blogger template 'Personal Blog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP